31 October, 2011

ukhwah itu manis

bismillahirrahmanirrahim

Sudah usang untuk membahas tentang teori ukhuwah…
Karena hampir semua orang sudah
tahu apa itu rukun ukhuwah :
Taaruf…
Tafahum…

Takaful…

Level terendahnya berlapang dada dan
puncaknya adalah itsar

namun, itu semua hanya retorik..
Teori hanyalah teori
Sebagus apapun teorinya,
tanpa implementasi…

teori hanya menjadi kata-kata kosong tanpa makna…

Saat hati sudah tak lagi bersatu dengan ikatan iman,
lenyaplah ukhuwah yang terbina bertahun lamanya.
Masa-masa bersama dalam
keletihan menjalani perjuangan di jalan da’wah…

Masa-masa bersama dalam tangis, tawa, kebingungan, keceriaan…

Saat kita membina diri kita dalam kesulitan-kesulitan yang kita hadapi…
Seperti berlalu begitu saja dihempas ambisi pribadi
Aku tak menyalahkan siapa pun…
Saat ku ditanya tentang kabar seorang
saudariku yang kian hari kian berubah,
aku hanya bisa terdiam
Aku sadar aku berinvestasi dalam kasus ini
Untuk kesekian kalinya aku telah menanam
benih
kesalahan yang berkepanjangan
Ya ALLAH…

Semoga Kau mengampuni ku

Sudah berapa lama aku tak mendoakan saudari-saudariku?

Sudah berapa rabithah yang aku lewati tanpa kuingat wajah-wajah saudariku?

Sudah berapa bulon kupendam kesempitan dada akan saudari-saudariku?

Ah… sesungguhnya aku tak pantas disebut orang shalih!
apalagi disebut orang beriman!

Betapa inginnya aku kembali membuka
perbincangan
yang hangat dengan saudariku seperti dulu…
Aku berharap aku bisa menjadi seseorang yang berharga di matanya…
karena aku menunjukkannya jalan yang lurus (kembali)

Seperti yang pernah kita jalani dulu…
Kita memang tak pernah mengikat janji untuk suatu apapun.
Tapi kau saudariku yang harus kuajak untuk
kembali mereguk
manisnya iman diantara peluh dan darah yang kita korbankan untuk Tuhan kita.
Aku sangat terkesan dengan nasyid ini…
Nasyid yang kita lantunkan saat kita sama-sama masih lucu…
baru berjilbab dan mulai mencari kebenaran.
Dan kita temukan kebenaran itu di sebuah komunitas da’wah.



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

sahabat@sahabiah PMI

.: sahabat utm :.

sahabat nun disana